Jokowi Anggarkan Rp 20 Miliar Bangun Ruang Terbuka Hijau



Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke kebun pengujian Dinas Pertamanan DKI di Kebun bibit Ciganjur, Jakarta Selatan. Jokowi mengaku ingin melihat semua kegiatan yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta. Dia ingin wujudkan Jakarta sebagai kota hijau.


"Semua akses, kegiatan yang kita punyai semuanya saya ingin mengerti semuanya. Kita ini kan mau menghijaukan Jakarta total. Tapi kekuatan potensi yang ada kan harus dilihat, kita punya seperti ini," kata Jokowi saat di kebun pengujian Dinas Pertamanan DKI Jakarta di Kebun bibit Ciganjur, Jakarta Selatan, Senin (14/1).

Menurutnya, mudah sekali mewujudkan Ibu Kota sebagai hutan kota. Namun, hal tersebut terkendala lahan.
"Bukan kurang, gampang sekali untuk mengelola kehijauan Jakarta. Tetapi sekali lagi diperlukan di tempat yang lain. Di tempat lain kan ada selain di Srengseng," jelasnya.

Jokowi mengatakan anggaran untuk ruang terbuka hijau (RTH) tahun lalu dianggap kecil, dibanding tahun ini. Sebab, anggaran 2012 sebesar Rp 300 juta, sedangkan 2013 dianggarkan senilai Rp 20 miliar.
"Nanti tahun depannya (2014) lagi kalau perlu ya satu triliun rupiah. Iya dong, mau hijau ndak? Ya iya, udah. Ya itu," kata Jokowi enteng.

Jokowi mengatakan kebun bibit ini dipergunakan untuk RTH. Terlebih dahulu tanaman dilakukan uji coba, apakah sesuai dengan kondisi Ibu Kota atau tidak. Kemudian, setelah dilakukan pengujian, maka baru dilakukan penanaman di wilayah Jakarta.

"Tidak perlu itu, langsung bawa ke lapangan," terangnya.
Sumber: MERDEKA.COM,